TENTANG KURIKULUM 2013: POST TEST UKG PKP 2019
expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 03 Desember 2019

POST TEST UKG PKP 2019

POST TEST UKG PKP 2019
BERBASIS ZONASI





SOAL
Perhatikan salah satu Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika kelas VI berikut !

KD 4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.

Rumusan indikator kunci yang sesuai untuk SD di atas adalah ......

Jawaban A
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.

Jawaban B
Menjelaskan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif.

Jawaban C
Melakukan operasi pengurangan yang melibatkan bilangan bulat negatif.

Jawaban D
Melakukan operasi perkalian yang melibatkan bilangan bulat negatif.

-----------------

Kemungkinan Jawaban : A

-----------------------------------------------------------------------------------------------------


SOAL
Dalam suatu tes, jawaban yang benar diberi nilai 4, yang salah diberi nilai -2, dan tidak menjawab diberi nilai 0. Dari 55 soal yang diberikan, Tiara dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 42 soal dan memperoleh nilai total 150. Banyak soal yang tidak dikerjakan adalah ......

Jawaban A
4

Jawaban B
18

Jawaban C
13

Jawaban D
9

----------------------

Kemungkinan jawaban : A

Caranya : Nilai jawaban yang benar = 42 x 4 = 168
                Nilai Total                         =                150  -
                Nilai jawaban yang salah  =                  18
                
                Banyak soal yang salah          = 18 : 2 = 9
                Banyak soal yang dikerjakan  = banyak soal benar + banyak soal salah
                                                                = 42 + 9
                                                                = 51

                Maka, banyak soal yang tidak dikerjakan = Semua soal - banyak soal yang dikerjakan
                                                                                   = 55 - 51
                                                                                   = 4

------------------------------------------------------------------------------


SOAL
Operasi "#" berarti kalikan bilangan pertama dan kedua, kemudian kurangkan hasilnya dengan bilangan pertama. Kalimat matematika berikut yang memberikan hasil lebih dari  12 # 5 adalah ......

Jawaban A
-10 # -4

Jawaban B
-10 # 3

Jawaban C
12 # -5

Jawaban D
-9 # 3

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : A

Caranya : 12 # 5 (kalikan bilangan pertama dan kedua, kemudian kurangkan hasilnya dengan bilangan pertama)
                   12 # 5 = (12 x 5) - 12
                              = 60 - 12
                              = 48

                    a. -10 # -4 = (-10 x -4) - (-10)
                                     = 40 - (-10)
                                     = 40 + 10
                                     = 50

                     b. -10 # 3 = (-10 x 3) - (-10)
                                     = -30 - (-10)
                                     = -30 + 10
                                     = -20

                     c. 12 # -5 = (12 x (-5)) - 12
                                     = -60 - 12
                                     = -72

                     d. -9 # 3 = (-9 x 3) - (-9)
                                   = -27 - (-9)
                                   = -27 + 9
                                   = -18

                     Jadi, hasil yang lebih dari 12 # 5 adalah -10 # -4 (Jawaban A)

----------------------------


SOAL
Gambar berikut merupakan lintasan benda jatuh bebas !

Pernyataan yang benar tentang energi potensial adalah ......

Jawaban A
Energi potensial maksimum terdapat di titik C.

Jawaban B
Energi potensial maksimum terdapat di titik A.

Jawaban C
Energi potensial di titik A sama dengan di titik C.

Jawaban D
Energi potensial di titik B lebih besar dari pada di titik A.

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : B

Karena, untuk benda jatuh bebas, kecepatannya akan semakin bertambah karna percepatan gravitasi, maka ENERGI KINETIK BERTAMBAH BESAR.
lalu, benda jatuh bebas akan selalu berkurang ketinggiannya, maka ENERGI POTENSIAL BERKURANG.


--------------------------------------------------------------------------------------------



SOAL
Perhatikan pola bilangan pada gambar berikut !

Bilangan untuk menggantikan p adalah ......

Jawaban A
6

Jawaban B
-5

Jawaban C
5

Jawaban D
-6

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : D

Caranya :
 artinya : 13 - 9 = 4 dan 13 x 9 = 117


 artinya : -12 - (-2) = -10 dan -12 x (-2) = 24

 artinya : 15 - (p) = 21 atau 15 - 21 = p, maka p = -6
                                                                          15 x (p) = -90 atau -90 : 15 = p, maka p = -6

       Jadi, jawabannya adalah p = -6 atau D




----------------------------------------------------



SOAL
Gambar berikut adalah jaring-jaring kubus. Jika bilangan dua sisi yang saling berhadapan dikalikan, maka selisih hasil perkalian terbesar dengan terkecil dari sisi yang berhadapan adalah ......


Jawaban A
147

Jawaban B
142

Jawaban C
172

Jawaban D
144

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : Tidak Ada

Caranya : Sisi yang saling berhadapan dikalikan :
                 9 x (-12) = -108
                 -12 x 11 = -132
                 11 x (-7) = -77
                 -7 x (-8) = 56
                 -7 x 6 = -42
                 Maka selisih hasil perkalian terbesar dengan terkecil dari sisi yang berhadapan adalah :
                 56 - (-132) = ...
                 56 + 132 = 188


----------------------------------------------------


SOAL
Rumusan indikator soal yang sesuai untuk mengukur IPK "menentukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan bulat negatif" adalah ......

Jawaban A
Diberikan jaring-jaring kubus, dimana setiap sisinya diberi bilangan bulat. Peserta menentukan hasil perkalian terbesar dari sisi yang berhadapan.

Jawaban B
Diberikan aturan penskoran untuk jawaban benar, jawaban salah, dan soal tidak dijawab, diberikan pula banyaknya soal yang dijawab dan nilai total yang diperoleh, peserta menentukan banyak soal yang tidak dijawab.

Jawaban C
Disajikan soal cerita suhu di malam hari dan suhu di pagi hari di Puncak Jayawijaya, peserta menentukan peningkatan suhu yang terjadi.

Jawaban D
Disajikan soal cerita ketinggian suatu kota A di permukaan laut dan selisih ketinggian Kota B di bawah permukaan laut, peserta menentukan ketinggian kota B di bawah permukaan laut.

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : B

Karena aturan penskoran untuk jawaban benar, jawaban salah dan soal tidak dijawab, memuat semua operasi hitung campuran yang meliputi : penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

----------------------------------------------------


SOAL
Jika p adalah bilangan bulat negatif, maka di bawah ini yang menghasilkan nilai terbesar adalah ......

Jawaban A
-4 + p

Jawaban B
-4 x p

Jawaban C
-4 - p

Jawaban D
-4 + p

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : A atau D

Caranya : Jika p = 1, maka :
                -4 + p = -4 + 1 = -3
                -4 x p = -4 x 1 = -4
                -4 - p = -4 - 1 = -5
                Maka -3 lebih besar nilainya dari -4 dan -5. Jadi jawabannya A atau D


----------------------------------------------------


SOAL
Dalam pembelajaran KD 3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif di kelas VI, setelah peserta didik menyelesaikan Lembar Kerja Kelompok, Bu Caca meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.

Kegiatan yang dilakukan Bu Caca di atas merupakan bagian dari pendekatan saintifik pada tahap ......

Jawaban A
Mengolah Data

Jawaban B
Mengamati

Jawaban C
Menanya

Jawaban D
Mengomunikasikan

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : D

Kegiatan belajar yang dilakukan pada  tahapan mengkomunikasikan adalah menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Kegiatan lainnya adalah menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola. Hasil tersebut disampaikan di kelas dan dinilai oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik atau kelompok peserta didik tersebut.


----------------------------------------------------


SOAL
Perhatikan salah satu Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika kelas VI berikut :

KD 3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.

Rumusan indikator kunci yang tidak tepat untuk KD di atas adalah ......

Jawaban A
Melakukan operasi pengurangan yang melibatkan bilangan bulat negatif.

Jawaban B
Menjelaskan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif.

Jawaban C
Melakukan operasi perkalian yang melibatkan bilangan bulat nengatif.

Jawaban D
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : D



----------------------------------------------------


SOAL
Pada saat membelajarkan pengurangan bilangan bulat, tahapan yang dilakukan Pak Rudi sebagai berikut :
1. Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya menggunakan konsep pengurangan bilangan bulat.
2. Meminta peserta didik mengidentifikasi permasalahan tersebut : informasi apa yang dimiliki, apa yang ditanyakan.
3. Menggunakan alat peraga keping muatan, meminta peserta didik mencari data terhadap hasil operasi pengurangan yang melibatkan bilangan negatif, kemudian mengolahnya.
4. Dari data yang ada, meminta peserta didik untuk mencobakan operasi pengurangan pada bilangan-bilangan lain yang lebih besar.
5. Selanjutnya meminta peserta didik membuat kesimpulan terkait operasi pengurangan bilangan bulat.

Berdasarkan tahapan yang dilakukan oleh Pak Rudi tersebut, model pembelajaran yang digunakan adalah ......

Jawaban A
Discovery Learning

Jawaban B
Problem Based Learning

Jawaban C
Project Based Learning

Jawaban D
Inquiri Learning

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : A


Sintak discovery learning terdiri atas enam fase sebagai berikut.

a.       Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
b.      Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)
c.       Data collection (Pengumpulan Data).
d.      Data Processing (Pengolahan Data)
e.       Verification (Pembuktian)

Sintak pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah sebagai berikut.

a.       Orientasi peserta didik kepada masalah
b.      Mengorganisasikan peserta didik
c.       Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
d.      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
e.       Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Sintak Pembelajaran Berbasis Proyek di uraikan berikut ini.

a.       Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question)
b.      Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)
c.       Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
d.      Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
e.       Menguji Hasil (Assess the Outcome)
f.       Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)

Sintak Model Pembelajaran Inquiry Learning


a.      Tahap orientasi.
b.      Merumuskan Masalah
c.       Merumuskan Hipotesis
d.      Tahap pengumpulan Data
e.       Menguji Hipotesis
f.       Menarik Kesimpulan

----------------------------------------------------



SOAL
Perhatikan KD berikut !
"Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar".

Pemberian rangsangan (stimulus) yang benar sesuai dengan KD tersebut adalah ......

Jawaban A
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi mengenai hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan.

Jawaban B
Guru menyajikan dan menerangkan bahan tayang materi tentang ekosistem (komponen, jenis, macam hubungan, rantai makanan, dan jaring-jaring makanan)

Jawaban C
Menemukan masalah: Mengapa dapat terjadi wabah hama tikus? Bagaimana solusi lain untuk mengatasi hama tikus yang menyerang sawah ?

Jawaban D
Peserta didik diberikan gambar, foto tentang akibat ketidakseimbangan ekosistem.

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : D



----------------------------------------------------


SOAL
Akumulator (accu) adalah alat yang dapat menyimpan energi listrik. Perubahan Energi yang terjadi pada saat akumulator (accu) digunakan adalah .....

Jawaban A
Energi Kimia berubah menjadi energi listrik

Jawaban B
Energi Listrik berubah menjadi energi kimia

Jawaban C
Energi Listrik berubah menjadi energi cahaya

Jawaban D
Energi Listrik berubah menjadi energi gerak

--------------------------------

Kemungkinan jawaban : A

Accumulator (aki) atau baterai basah terdiri atas lempengan logam timbal dan timbal peroksida yang dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat. Di dalam accumulator, logam timbal dan timbal peroksida bereaksi dengan asam sulfat, sehingga hasil dari reaksi kimia itu lempengan logam timbal menjadi kutub negatif dan lempengan logam peroksida menjadi kutub positif. Pada saat accu digunakan terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik, sedangkan pada saat penyetruman terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia.


----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


SOAL
 adalah ......

Jawaban A


Jawaban B


Jawaban C


Jawaban D


--------------------------------

Kemungkinan jawaban : 



----------------------------------------------------


Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: