POSTEST PKP ZONASI DI SMP/ SMK YADIKA 2 PASEH
KELAS TINGGI
Video Dokumentasi Kegiatan Postest PKP berbasis Zonasi di SMP/SMK Yadika 2 Cijagra Paseh, Kp. Legok Muncang, 40383, Kel. Cijagra, Kec. Paseh, Kab. Bandung, Prop. Jawa Barat :
Sumber : Youtube
SOAL PAEDAGOGIK
SOAL
Perhatikan penggalan berita berikut !
Sebanyak lima juta anak Indonesia (sebagian besar berasal dari daerah terpencil), tidak memperoleh kesempatan bersekolah ataupun memperoleh pendidikan. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan mereka tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk memperoleh pekerjaan, serta memiliki masa depan yang menjanjikan.
(https://www.beritasatu.com/nasional/492118/5-juta-anak-di-indonesia-kesulitan-akses-pendidikan)
Soal HOTS yang paling tepat untuk stimulus di atas adalah ......
Jawaban A
Apa saran yang anda berikan untuk mengatasi masalah tersebut ?
Jawaban B
Sebutkan sumber informasi berita tersebut !
Jawaban C
Apa akibat jika ada anak yang tidak dapat bersekolah ?
Jawaban D
Berapa jumlah anak yang tidak bisa bersekolah ?
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan kompetensi dasar berikut !
"Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran".
Target kompetensi dasar tersebut adalah ......
Jawaban A
Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
Jawaban B
Mengidentifikasi sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
Jawaban C
Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
Jawaban D
Menjelaskan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Posisi rumusan indikator "menyebutkan nama-nama benda yang ada di kelas". pada matriks dimensi proses berpikir dan dimensi pengetahuan adalah ......
Jawaban A
Mengingat-faktual
Jawaban B
Memahami-faktual
Jawaban C
Memahami-konseptual
Jawaban D
Mengingat-konseptual
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Cermatilah pernyataan berikut !
(1) Penetapan zona didasarkan pada pengkasifikasian setiap Satuan Pendidikan menurut definisi/ tema zonasi yang akan disusun dengan mempertimbangkan indikator skala nasional
(2) Penentuan sekolah pusat zona harus mempertimbangkan sekolah nominasi dan melakukan identifikasi perlakuan/ treatment berbasis zona
(3) Melakukan analisis jumlah guru sesuai bidang tugas yang diampu di masing-masing zona
(4) Pemantauan terhadap wilayah-wilayah zonasi melalui pemberdayaan PKG/KKG/MGMP/MGBK dengan sekolah pusat zona sebagai basis kelompok/ zona
(5) Penetapan zona berdasarkan usulan satuan pendidikan dengan pertimbangan hasil analisis UN yang rendah
Pernyataan yang merupakan mekanisme penetapan zona pengembangan kompetensi dan kinerja guru adalah ......
Jawaban A
1, 2 dan 3
Jawaban B
2, 3 dan 5
Jawaban C
2, 3 dan 4
Jawaban D
3, 4 dan 5
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
Pembahasan :
Penetapan zona peningkatan kompetensi pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan rambu-rambu berikut :
- Penetapan zona didasarkan pada pengklasifikasian setiap Satuan Pendidikan menurut definisi/tema zonasi yang akan disusun.
- Penentuan sekolah nominasi pusat zona mempertimbangkan indikator skala nasional, yaitu Akreditasi Sekolah, serta indikator kontrol yang mencakup hasil Ujian Nasional (UN), Uji Kompetensi Guru (UKG), dan Hasil Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP).
Pedoman Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
- Pengelolaan Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
- Pengelolaan zona peningkatan kompetensi pembelajaran dilakukan melalui tahapan sebagai berikut :
- Menetapkan wilayah zona peningkatan kompetensi pembelajaran berdasarkan radius terdekat dengan sekolah yang akan dijadikan tempat kegiatan Program PKP Berbasis Zonasi yang berada di wilayah zonasi yang telah ditentukan.
- Melakukan analisis jumlah guru sesuai bidang tugas yang diampu di masing-masing zona.
- Menetapkan PKG, KKG, MGMP, dan MGBK berdasarkan jumlah keanggotaan pada rentang 10-20 orang per kelompok.
- Melakukan analisis kebutuhan guru inti untuk masing-masing zona. 1) Idealnya setiap bidang atau mata pelajaran (mapel) pada jenis dan jenjang pendidikan diampu oleh seorang guru inti. Dengan menggunakan pendekatan tersebut, jika jumlah zonasi sebanyak 4.000 dan jumlah jenis guru semua bidang dan mapel sebanyak 205, maka jumlah kebutuhan guru inti secara nasional adalah sebanyak 820.000 orang.
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini !
"Dulu karena kita menganggap penduduk itu beban maka yang kita pikirkan adalah transmigrasi dari Jawa Barat ke luar. Hari ini itu bukan lagi solusi yang efektif", kata JK di Istana Wapres, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jum'at (24/8/2018).
Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah kependudukan tersebut ? Jelaskan alasanmu!
Indikator soal yang paling tepat untuk rumusan soal di atas adalah ......
Jawaban A
Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan menggunakan konsep kependudukan.
Jawaban B
Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ledakan penduduk.
Jawaban C
Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan pengertian kependudukan.
Jawaban D
Disajikan kasus tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan penduduk di suatu negara.
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan gambar di bawah ini !
Soal HOTS yang paling tepat untuk stimulus tersebut adalah ......
Jawaban A
Jelaskan macam-macam bencana alam !
Jawaban B
Apa yang di maksud dengan bencana alam ?
Jawaban C
Apa penyebab terjadinya tanah longsor ?
Jawaban D
Jelaskan penyebab terjadinya bencana tersebut !
-----------------
Kemungkinan Jawaban : D
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Berikut ini yang termasuk jenis pertanyaan interpretasi dalam pembelajaran berpikir tingkat tinggi adalah ......
Jawaban A
Apa kesimpulan kalian setelah melihat film tersebut ? Bagaimana dengan karakter pemainnya ?
Jawaban B
Apakah kalian menemukan kelebihan atau kelemahan memelihara tanaman bunga?
Jawaban C
Apa yang kalian ketahui tentang kupu-kupu ?
Jawaban D
Bagaimana pendapat kalian akibat penebangan hutan ?
-----------------
Kemungkinan Jawaban : D
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Materi dan tingkat kognitif pada Kompetensi Dasar "Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca" adalah ......
Jawaban A
Unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan tingkat kognitif C3
Jawaban B
buku fiksi dan nonfiksi dengan tingkat kognitif C3
Jawaban C
Unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan tingkat kognitif C4
Jawaban D
buku fiksi dan nonfiksi dengan tingkat kognitif C4
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan aktivitas pembelajaran di bawah ini !
Siswa dalam kelompok menganalisis data dari beberapa instrumen yang telah diperoleh.
Pada model pembelajaran Discovery Learning, aktivitas tersebut termasuk pada sintaks ......
Jawaban A
Problem Statement
Jawaban B
Verification
Jawaban C
Stimulation
Jawaban D
Data Processing
-----------------
Kemungkinan Jawaban : D
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan kompetensi dasar berikut !
"Memahami tangga nada"
Indikator pencapaian kompetensi yang bukan turunan dari KD tersebut adalah ......
Jawaban A
Menyebutkan jenis-jenis tangga nada
Jawaban B
Menganalisis jenis-jenis tangga nada
Jawaban C
Membedakan jenis-jenis tangga nada
Jawaban D
Mengidentifikasi jenis-jenis tangga nada
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
"Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas"
Aktivitas pembelajaran tersebut dapat mengembangkan subnilai karakter pada siswa yaitu ......
Jawaban A
Disiplin dan jujur
Jawaban B
Jujur dan percaya diri
Jawaban C
Percaya diri dan kerjasama
Jawaban D
Peduli dan menghargai keberagaman
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Kebijakan program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran mempunyai tujuan untuk ......
Jawaban A
Meningkatkan kompetensi guru melalui pendidikan dan latihan untuk mengetahui peta kompetensi guru
Jawaban B
Meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesional guru sesuai dengan peraturan yang tertulis pada Standar Kompetensi Guru
Jawaban C
Meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi
Jawaban D
Meningkatkan kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian dan sosial guru untu mendukung profesionalitas guru di era industri 4.0
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
Pembahasan :
Salah satu upaya Kemendikbud melalui Ditjen GTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). Program ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
Salah satu upaya Kemendikbud melalui Ditjen GTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). Program ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Di bawah ini merupakan contoh aktivitas pembelajaran HOTS aspek critical thinking, kecuali ......
Jawaban A
Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru tentang proses fotosintesis
Jawaban B
peserta didik mendiskusikan data hasil pengamatan pada LK dengan hipotesis awal dengan menggunakan studi literatur
Jawaban C
peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok tentang proses perkecambahan pada kacang hijau di depan kelas
Jawaban D
peserta didik menjawab pertanyaan guru "mengapa kita perlu menjaga keseimbangan alam"
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Pada model discovery learning, siswa memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan temuan alternatif dan dihubungkan dengan hasil data yang telah diolah. Kegiatan ini dilakukan pada tahapan ......
Jawaban A
memberikan rangsangan
Jawaban B
membimbing penyelidikan secara mandiri maupun kelompok
Jawaban C
verifikasi
Jawaban D
pengolahan data
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Contoh gerakan literasi masyarakat adalah ......
Jawaban A
penyelenggaraan kampung literasi
Jawaban B
integrasi literasi pada muatan pembelajaran
Jawaban C
tersedianya pojok baca di kelas
Jawaban D
branding sekolah
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
Ini loh hasil ujian saya :
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
SOAL IPA
UNIT PEMBELAJARAN : ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SOAL
Indikator pencapaian kompetensi "Menyebutkan Pengertian Energi". Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kaidah untuk indikator pencapaian kompetensi tersebut adalah ......
Jawaban A
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan pengertian energi
Jawaban B
Menyebutkan pengertian energi
Jawaban C
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan pengertian energi dengan benar
Jawaban D
Siswa dapat menyebutkan pengertian energi
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Gambar berikut merupakan lintasan benda jatuh bebas !
Pernyataan yang benar tentang energi potensial adalah ......
Pernyataan yang benar tentang energi potensial adalah ......
Jawaban A
Energi potensial di titik A sama dengan di titik C
Jawaban B
Energi potensial minimum terdapat di titik C
Jawaban C
Energi potensial di titik B lebih kecil dari pada di titik C
Jawaban D
Energi potensial minimum terdapat di titik A
-----------------
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Jawaban A
Energi mekanik di titik A sama dengan di titik C
Jawaban B
Energi mekanik minimum terdapat di titik C
Jawaban C
Energi mekanik di titik B lebih besar dari pada energi Mekanik di titik A
Jawaban D
Energi mekanik minimum terdapat di titik A
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Jawaban A
Energi gerak berubah menjadi energi panas, energi panas berubah menjadi energi gerak
Jawaban B
Energi gerak berubah menjadi energi panas, energi panas berubah menjadi energi listrik
Jawaban C
Energi listrik berubah menjadi energi panas, energi panas berubah menjadi energi gerak
Jawaban D
Energi gerak berubah menjadi energi listrik, energi listrik berubah menjadi energi panas
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Gambar berikut merupakan lintasan benda jatuh bebas !
Pernyataan yang benar tentang energi Kinetik adalah ......
Pernyataan yang benar tentang energi Kinetik adalah ......
Jawaban A
Energi Kinetik minimum terdapat di titik A
Jawaban B
Energi Kinetik di titik B lebih besar dari pada energi Kinetik di titik C
Jawaban C
Energi Kinetik maksimum terdapat di titik A
Jawaban D
Energi Kinetik di titik A sama dengan di titik C
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Pada radio ketika digunakan terjadi perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. Pada kenyataannya tidak semua energi listrik berubah menjadi energi bunyi. Energi yang hilang ketika radio digunakan adalah energi ......
Jawaban A
Kimia
Jawaban B
Gerak
Jawaban C
Panas
Jawaban D
Cahaya
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
Pembahasan :
Kerja dan panas adalah 2 contoh proses atau mekanisme yang dapat memindahkan sejumlah energi. Hukum kedua termodinamika membatasi jumlah kerja yang didapat melalui proses pemanasan-beberapa diantaranya akan hilang sebagai panas terbuang. Jumlah maksimum yang dapat digunakan untuk kerja disebut energi tersedia. Sistem seperti mesin dan benda hidup membutuhkan energi tersedia, tidak hanya sembarang energi. Energi mekanik dan bentuk-bentuk energi lainnya dapat berpindah langsung ke bentuk energi panas tanpa batasan tertentu.
Kerja dan panas adalah 2 contoh proses atau mekanisme yang dapat memindahkan sejumlah energi. Hukum kedua termodinamika membatasi jumlah kerja yang didapat melalui proses pemanasan-beberapa diantaranya akan hilang sebagai panas terbuang. Jumlah maksimum yang dapat digunakan untuk kerja disebut energi tersedia. Sistem seperti mesin dan benda hidup membutuhkan energi tersedia, tidak hanya sembarang energi. Energi mekanik dan bentuk-bentuk energi lainnya dapat berpindah langsung ke bentuk energi panas tanpa batasan tertentu.
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Salah satu energi alternatif adalah angin. Turbin angin digunakan untuk menghasilkan listrik. Pada saat menghasilkan listrik pada turbin angin terjadi perubahan energi ......
Jawaban A
Energi potensial menjadi energi cahaya
Jawaban B
Energi gerak berubah menjadi energi listrik
Jawaban C
Energi listrik berubah menjadi energi gerak
Jawaban D
Energi potensial menjadi energi gerak
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
Pembahasan :
Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga angin ini yaitu awalnya energi angin memutar turbin angin. Kemudian angin akan memutar sudut turbin, lalu diteruskan untuk memutar rotor pada generator di bagian belakang turbin angin. Generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan teori medan elektromagnetik, yaitu poros pada generator dipasang dengan material ferromagnetik permanen.
Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga angin ini yaitu awalnya energi angin memutar turbin angin. Kemudian angin akan memutar sudut turbin, lalu diteruskan untuk memutar rotor pada generator di bagian belakang turbin angin. Generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan teori medan elektromagnetik, yaitu poros pada generator dipasang dengan material ferromagnetik permanen.
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Berikut IPK yang akan dicapai pada suatu pembelajaran "menjelaskan pengertian energi". Metode dan aktivitas pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru adalah ......
Jawaban A
Eksperimen dan guru melakukan demonstrasi untuk menjelaskan pengertian energi
Jawaban B
Eksperimen dan peserta didik melakukan penyelidikan untuk menjelaskan pengertian energi
Jawaban C
Diskusi yang sebelumnya diawali dengan demonstrasi untuk menjelaskan pengertian energi
Jawaban D
Ceramah dan peserta didik melakukan penyelidikan untuk menjelaskan pengertian energi
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Pada kegiatan pembelajaran siswa melakukan observasi untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk energi yang ada di lingkungan sekolah. Model Pembelajaran dan sintak yang sesuai adalah ......
Jawaban A
Discovery learning sintak 2
Jawaban B
Pembelajaran berbasis masalah sintak 2
Jawaban C
pembelajaran berbasis projek sintak 3
Jawaban D
Discovery learning sintak 3
-----------------
Kemungkinan Jawaban : D
Pembahasan :
Sintak discovery learning terdiri atas enam fase sebagai berikut :
a. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
b. Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)
c. Data collection (Pengumpulan Data).
d. Data Processing (Pengolahan Data)
e. Verification (Pembuktian)
Salah satu tehnik kegiatan pengumpulan data di antaranya :
1. Mengisi Angket
2. Melakukan Observasi
3. Melakukan Wawancara
Jadi, kegiatan pembelajaran siswa melakukan observasi untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk energi yang ada di lingkungan sekolah merupakan kegiatan siswa yang termasuk ke dalam model pembelajaran Discovery learning sintak 3.
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan indikator soal sebagai berikut !
"Disajikan gambar peralatan rumah tangga, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi pada alat tersebut"
Instrumen penilaian yang sesuai untuk indikator soal tersebut adalah ......
"Disajikan gambar peralatan rumah tangga, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi pada alat tersebut"
Instrumen penilaian yang sesuai untuk indikator soal tersebut adalah ......
Jawaban A
Perhatikan gambar ! Ketika alat tersebut digunakan perubahan energi yang terjadi adalah ....
a. energi listrik menjadi energi panas
b. energi panas menjadi energi gerak
c. energi bunyi menjadi energi panas
d. energi listrik menjadi energi gerak
Jawaban B
Jawaban C
Di antara peralatan pada gambar yang memiliki perubahan bentuk energi yang sama adalah nomor ....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4
Jawaban D
Peralatan listrik yang memiliki perubahan energi yang sama saat difungsikan adalah.....
a. 3 dan 4
b. 1 dan 2
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Gambar berikut merupakan lintasan benda jatuh bebas !
Pernyataan yang benar tentang energi mekanik adalah ......
Pernyataan yang benar tentang energi mekanik adalah ......
Jawaban A
Energi mekanik di titik A sama dengan di titik C
Jawaban B
Energi mekanik minimum terdapat di titik A
Jawaban C
Energi mekanik di titik B lebih besar dari pada energi Mekanik di titik A
Jawaban D
Energi mekanik minimum terdapat di titik C
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
Pembahasan :
Sejak batu dijatuhkan, EP batu berkurang dan EK batu bertambah. Jumlah total Energi Mekanik (Energi Kinetik + Energi Potensial = Energi Mekanik) bernilai tetap alias kekal dan tidak berubah. Yang terjadi hanya perubahan Energi Potensial menjadi Energi Kinetik.
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Pernyataan yang benar tentang energi potensial dari benda yang lintasannya seperti pada gambar adalah ........
Jawaban A
Energi potensial maksimum terdapat di titik A
Jawaban B
Energi potensial di titik A lebih kecil dari pada energi potensial di titik E
Jawaban C
Energi potensial maksimum terdapat di titik C
Jawaban D
Energi potensial di titik A lebih besar dari pada energi potensial di titik B
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan indikator pencapaian kompetensi berikut ini !
"Mengidentifikasi berbagai sumber energi Alternatif". Bentuk penilaian yang tepat untuk digunakan pada indikator ini adalah ......
"Mengidentifikasi berbagai sumber energi Alternatif". Bentuk penilaian yang tepat untuk digunakan pada indikator ini adalah ......
Jawaban A
Tertulis
Jawaban B
Wawancara
Jawaban C
Observasi
Jawaban D
Fortofolio
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
-----------------------------------------------------------------------------------------
Dan ini adalah hasil ujian saya, walaupun tidak memuaskan, tapi ini menjadi bahan pembelajaran dan perbaikan di masa yang akan datang :
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL MATEMATIKA
UNIT PEMBELAJARAN : OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT NEGATIF
SOAL
Dalam membelajarkan KD 3.2. Menjelaskan dan melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif di kelas VI, setelah peserta didik menyelesaikan Lembar Kerja Kelompok, Bu Caca meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
Kegiatan yang dilakukan Bu Caca di atas merupakan bagian dari pendekatan saintifik pada tahap........
Kegiatan yang dilakukan Bu Caca di atas merupakan bagian dari pendekatan saintifik pada tahap........
Jawaban A
Mengamati
Jawaban B
Menanya
Jawaban C
Mengolah Data
Jawaban D
Mengomunikasikan
-----------------
Kemungkinan Jawaban : D
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Bibi mengeluarkan gading beku yang tersimpan di almari es untuk di masak. Sebelum di masak daging tersebut didiamkan selama 28 menit agar tidak beku. Suhu daging naik 2 derajat selsius tiap 4 menit. Daging tersebut kemudian direbus dalam air mendidih selama 25 menit sampai daging lunak. Saat daging direbus, suhu daging naik 21 derajat selsius tiap 5 menit. Suhu daging stabil setelah menit ke 25. Usai dimasak, suhu daging tersebut menjadi 111 derajat selsius. Suhu daging sebelum dikeluarkan dari almari es adalah ......
Jawaban A
-8 derajat selsius
Jawaban B
-16 derajat selsius
Jawaban C
-50 derajat selsius
Jawaban D
-2 derajat selsius
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
Pembahasan : X + ((28 : 4) x 2) + ((25 : 5) x 21) = 111
X + (7 x 2) + (5 x 21) = 111
X + 14 + 105 = 111
X + 119 = 111
X = 111 - 119
X = - 8
Jadi, suhu daging sebelum dikeluarkan dari almari es = -8 derajat selsius
X + (7 x 2) + (5 x 21) = 111
X + 14 + 105 = 111
X + 119 = 111
X = 111 - 119
X = - 8
Jadi, suhu daging sebelum dikeluarkan dari almari es = -8 derajat selsius
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Rumusan indikator soal yang tidak sesuai untuk mengukur IPK "menentukan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif" adalah ......
Jawaban A
Diberikan suhu daging beku yang dikeluarkan dari lemari es, kemudian dibiarkan beberapa menit di udara terbuka sehingga mengalami kenaikan suhu sebesar sekian derajat tertentu. Peserta menentukan suhu daging setelah dibiarkan di tempat terbuka.
Jawaban B
Disajikan soal cerita ketinggian suatu kota A di permukaan laut dan selisih ketinggian kota B di bawah permukaan laut. Peserta menentukan ketinggian kota B di bawah permukaan laut.
Jawaban C
Disajikan soal cerita suhu siang hari di kutub utara dan besar penurunan suhu di malam hari. Peserta menentukan suhu di malam hari.
Jawaban D
Disajikan soal cerita suhu di malam hari dan suhu di pagi hari di Puncak Jayawijaya, peserta menentukan peningkatan suhu yang terjadi.
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Operasi "#" berarti kalikan bilangan pertama dan kedua di tambah 3, kemudian jumlahkan hasilnya dengan bilangan kedua. Kalimat matematika berikut yang memberikan hasil kurang dari 4 # -3 adalah ......
Jawaban A
4 # -2
Jawaban B
-2 # 3
Jawaban C
5 # -3
Jawaban D
2 # -3
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
Pembahasan :
Caranya : 4 # -3 (kalikan bilangan pertama dan kedua ditambah 3, kemudian jumlahkan hasilnya dengan bilangan kedua)
4 # -3 = (4 x (-3)) + 3 + (-3)
= -12 + 0
= -12
a. 4 # -2 = (4 x -2) + 3 + (-2)
= -8 + 1
= -7
b. -2 # 3 = (-2 x 3) + 3 + 3
= -6 + 6
= 0
c. 5 # -3 = (5 x (-3)) + 3 + (-3)
= -15 + 0
= -15
d. 2 # -3 = (2 x (-3)) + 3 + (-3)
= -6 + 0
= -6
Jadi, hasil yang kurang dari 4 # -3 adalah 5 # -3 (Jawaban C)
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Jika n adalah bilangan bulat negatif, maka di bawah ini yang menghasilkan nilai terbesar adalah ......
Jawaban A
3 + n
Jawaban B
3 x n
Jawaban C
3 + n
Jawaban D
3 - n
-----------------
Kemungkinan Jawaban : D
3 + n = 3 + (-3) = 0
3 x n = 3 x (-3) = -9
3 + n = 3 + (-3) = 0
3 - n = 3 - (-3) 6
Jadi, nilai terbesarnya adalah 3 - n (Jawaban D)
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Perhatikan salah satu Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika kelas VI berikut :
KD 4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan indikator kunci yang sesuai untuk KD di atas adalah ......
KD 4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
Rumusan indikator kunci yang sesuai untuk KD di atas adalah ......
Jawaban A
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi pembagian yang melibatkan bilangan bulat negatif.
Jawaban B
Menjelaskan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat nehatif.
Jawaban C
Melakukan operasi perkalian yang melibatkan bilangan bulat negatif.
Jawaban D
Melakukan operasi pengurangan yang melibatkan bilangan bulat negatif.
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Gambar berikut adalah jaring-jaring kubus. Jika bilangan dua sisi yang saling berhadapan dikalikan, maka selisih hasil perkalian terbesar dengan terkecil dari sisi yang berhadapan adalah ......
Jawaban A
142
Jawaban B
172
Jawaban C
147
Jawaban D
144
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
Bentuklah jaring-jaring kubus tersebut menjadi sebuah kubus yang utuh :
- Sisi bilangan 9 berhadapan dengan sisi bilangan 6
- Sisi bilangan -12 berhadapan dengan sisi bilangan -7
- Sisi bilangan 11 berhadapan dengan sisi bilangan -8
Kemudian, dua sisi yang saling berhadapan kita kalikan :
9 x 6 = 54
-12 x (-7) = 84
11 x (-8) = -88
Maka selisih hasil perkalian terbesar dengan terkecil dari sisi yang berhadapan adalah :
84 - (-88) = 172
-12 x (-7) = 84
11 x (-8) = -88
Maka selisih hasil perkalian terbesar dengan terkecil dari sisi yang berhadapan adalah :
84 - (-88) = 172
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Tehnik penilaian yang sesuai untuk mengukur IPK "Menentukan operasi penjumlahan yang melibatkan bilangan bulat negatif" adalah ......
Jawaban A
Penugasan, praktik, dan proyek
Jawaban B
Tes Tertulis, lisan dan penugasan
Jawaban C
Tes Tertulis, produk dan proyek
Jawaban D
Penilaian praktik, produk dan proyek
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Jawaban A
-5
Jawaban B
6
Jawaban C
5
Jawaban D
-6
-----------------
Kemungkinan Jawaban : D
Pembahasan :
Jadi, jawabannya adalah p = -6 atau D
15 x (p) = -90 atau -90 : 15 = p, maka p = -6
Jadi, jawabannya adalah p = -6 atau D
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Gambar di bawah adalah persegi ajaib denganoperasi penjumlahan.
Nilai a dan b sehingga hasil penjumlahan baris, kolom dan diagonalnya sama adalah ......
Nilai a dan b sehingga hasil penjumlahan baris, kolom dan diagonalnya sama adalah ......
Jawaban A
23 dan -14
Jawaban B
-23 dan 20
Jawaban C
-24 dan 18
Jawaban D
24 dan -18
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
Pembahasan :
A. 23 dan -14
Diagonal = 31 + a + 23
= 31 + 23 + 23
= 77
Horizontal = 31 + (-19) + b
= 31 - 19 -14
= -2
B. -23 dan 20
C. -24 dan 18
D. 24 dan -18
A. 23 dan -14
Diagonal = 31 + a + 23
= 31 + 23 + 23
= 77
Horizontal = 31 + (-19) + b
= 31 - 19 -14
= -2
B. -23 dan 20
Diagonal = 31 + a + 23
= 31 + (-23) + 23
= 31
Horizontal = 31 + (-19) + b
= 31 + (-19) + 20
= 32
Diagonal = 31 + a + 23
= 31 + (-24) + 23
= 30
Horizontal = 31 + (-19) + b
= 31 - 19 + 18
= 30
Diagonal = 31 + a + 23
= 31 + 24 + 23
= 78
Horizontal = 31 + (-19) + b
= 31 - 19 -18
= -6
Jadi, nilai a dan b yang hasil penjumlahan baris dan diagonalnya sama adalah -12 dan 18
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Pada saat membelajarkan pengurangan bilangan bulat, tahapan yang dilakukan Pak Rudi sebagai berikut :
1. Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya menggunakan konsep pengurangan bilangan bulat.
2. Meminta peserta didik mengidentifikasi permasalahan tersebut : Informasi apa yang dimiliki, apa yang ditanyakan.
3. Menggunakan alat peraga keping muatan, meminta peserta didik mencari data terhadap hasil operasi pengurangan yang melibatkan bilangan negatif, kemudian mengolahnya.
4. Dari data yang ada, meminta peserta didik untuk mencobakan operasi pengurangan pada bilangan-bilangan lain yang lebih besar.
5. Selanjutnya meminta peserta didik membuat kesimpulan terkait operasi pengurangan bilangan bulat.
Berdasarkan tahapan yang dilakukan oleh Pak Rudi tersebut, model pembelajaran yang digunakan adalah ......
1. Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiannya menggunakan konsep pengurangan bilangan bulat.
2. Meminta peserta didik mengidentifikasi permasalahan tersebut : Informasi apa yang dimiliki, apa yang ditanyakan.
3. Menggunakan alat peraga keping muatan, meminta peserta didik mencari data terhadap hasil operasi pengurangan yang melibatkan bilangan negatif, kemudian mengolahnya.
4. Dari data yang ada, meminta peserta didik untuk mencobakan operasi pengurangan pada bilangan-bilangan lain yang lebih besar.
5. Selanjutnya meminta peserta didik membuat kesimpulan terkait operasi pengurangan bilangan bulat.
Berdasarkan tahapan yang dilakukan oleh Pak Rudi tersebut, model pembelajaran yang digunakan adalah ......
Jawaban A
Project Based Learning
Jawaban B
Inquiri Learning
Jawaban C
Discovery Learning
Jawaban D
Problem Based Learning
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
Sintak discovery learning terdiri atas enam fase sebagai berikut.
a. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)
b. Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)
c. Data collection (Pengumpulan Data).
d. Data Processing (Pengolahan Data)
e. Verification (Pembuktian)
Sintak pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah sebagai berikut.
a. Orientasi peserta didik kepada masalah
b. Mengorganisasikan peserta didik
c. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
e. Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Sintak Pembelajaran Berbasis Proyek di uraikan berikut ini.
a. Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question)
b. Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)
c. Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
d. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
e. Menguji Hasil (Assess the Outcome)
f. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)
Sintak Model Pembelajaran Inquiry Learning
a. Tahap orientasi.
b. Merumuskan Masalah
c. Merumuskan Hipotesis
d. Tahap pengumpulan Data
e. Menguji Hipotesis
f. Menarik Kesimpulan
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Sebuah bangunan peninggalan bersejarah didirikan pada tahun 1256 SM. Umur tugu batu tersebut pada tahun 2018 Masehi adalah ......
Jawaban A
750
Jawaban B
3274
Jawaban C
760
Jawaban D
3262
-----------------
Kemungkinan Jawaban : B
Pembahasan :
1256 + 2018 = 3274
1256 + 2018 = 3274
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Dalam suatu tes, jawaban yang benar diberi nilai 4, yang salah diberi nilai -2, dan tidak menjawab diberi nilai 0. Dari 55 soal yang diberikan, Tiata dapat menjawab soal dengan benar sebanyak 42 soal dan memperoleh nilai total 150. Banyak soal yang tidak dikerjakan adalah ......
Jawaban A
4
Jawaban B
9
Jawaban C
13
Jawaban D
18
-----------------
Kemungkinan Jawaban : A
Pembahasan :
Caranya : Nilai jawaban yang benar = 42 x 4 = 168
Nilai Total = 150 -
Nilai jawaban yang salah = 18
Banyak soal yang salah = 18 : 2 = 9 soal
Banyak soal yang dikerjakan = banyak soal benar + banyak soal salah
= 42 + 9
= 51
Maka, banyak soal yang tidak dikerjakan = Semua soal - banyak soal yang dikerjakan
= 55 - 51
= 4
-----------------------------------------------------------------------------------------
SOAL
Sebuah pertandingan badminton diikuti oleh 4 SD, yaitu SD Setia Budi, SD Mahardika, SD Persatuan, dan SD Bina Bangsa. Penentuan juara tim berdasarkan perolehan poin dengan ketentuan sebagai berikut :
Berikut tabel perolehan poin sementara dari 2 kali pertandingan :
Setiap tim akan bermain pada pertandingan ke-3, maka pernyataan berikut yang tepat berdasarkan data tersebut di atas adalah ......
- Tim yang menang memperoleh poin 2
- Jika pertandingan seri, masing-masing tim memperoleh poin 0
- Tim yang kalah memperoleh pon -1
Berikut tabel perolehan poin sementara dari 2 kali pertandingan :
Setiap tim akan bermain pada pertandingan ke-3, maka pernyataan berikut yang tepat berdasarkan data tersebut di atas adalah ......
Jawaban A
SD Bina Bangsa akan menjadi menang pada pertandingan ke-3
Jawaban B
SD Setia Budi akan menjadi juara meskipun kalah dalam pertandingan ke-3
Jawaban C
SD Mahardika tidak akan menjadi juara meskipun menang pada pertandingan ke-3
Jawaban D
SD Persatuan akan menjadi juara jika menang pada pertandingan ke-3
-----------------
Kemungkinan Jawaban : C
-----------------------------------------------------------------------------------------
Dan ini hasil ujian saya :
Demikianlah Postest PKP 2019 berbasis Zonasi di tempat kami.
Semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar